Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Listrik Terbaik Rumah Tinggal dan Gedung

 www.pipindo.com - kabel listrik adalah sebuah komponen yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik phase groubding dan netral. Ke tiga kabel tunggal ini adalah tembaga utama yang digunakan dalam instalasi listrik rumah tinggal maupun gedung.

Kabel listrik
Nym Supreme Kabel

Banyak sekali jenis kabel listrik tersedia dipasaran, produsen kabel selalu menginovasi produk mereka agar ramah lingkungan, aman dipasang dan bersahabat dikantong. Kabel seperti apakah yang terpasang dirumahmu? Apakah sudah standar sni?


Di sini kita akan membahas kabel listrik paling bagus untuk instalasi listrik rumah tinggal dan gedung, simak ulasan ini sampai selesai agar faham bagaimana cara memilih kabel berkualitas dan tidak berkualitas. 


Jenis - Jenis Kabel Listrik Rumah Tinggal Paling Bagus

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak jenis kabel listrik dan tentu ini wajib dijadikan menjadi pertimbangan seseorang pada saat akan membangun rumah. Jangan salah pilih, namun faktor kualitas instalasi listrik rumah tinggal juga dapat dipengaruhi oleh teknisi yang mengerjakannya.


  • Kabel NYM

Kabel NYM umum kita lihat terpasang dirumah-rumah sebagai material utama instalasi listrik. Kabel ini terdiri dari 2 sampai 4 kabel tunggal yang dibungkus oleh pvc kabel anti bakar, sedangkan untuk ukuran kabel NYM pada umumnya adalah 0,75mm sampai 6mm, ini sering kami gunakan dalam instalasi listrik rumah tinggal, namun tetap haru menyesuaikan kebutuhan.


  • Kabel NYA

Berbeda dengan kabel NYM yang memiliki 2 sampai 4 kabel terbungkus kulit, sedang untuk kabel NYA adalah kabel tunggal / hanya satu kabel tunggal yang di bungkus uleh pvc kabel anti bakar. Sebenarnya sama-sama sebagai penghantar listrik, namun penggunaan kabel NYA harus bergantung ke pada pipa conduit sebagai isolasi kabel dari gangguan seperti gigitan hewan.


  • Kabel NYY

Kabel NYY masih umum digunakan dalam instalasi listrik rumah meski harga per meter kabel ini terbilang mahal. Spesifikasi paling mencolok dari kabel NYY adalah kulit berwarna hitam pekat, berbeda dengan kabel NYM putih dan NYA memiliki warna tunggal merah biru / kuning. Tapi jangan salah, kualitas kabel NYY sangat baik jika dibandingkan dengan tipe kabel NYA maupun NYM.


Cara Memilih Kabel Berkualitas Bagus dan Murah

Cara terbaik menentukan dan memilih kabel paling cocok untuk instalasi listrik rumah adalah mencari tahu informasi diproyek sekitar rumah anda / datang langsung ke toko listrik dan bangunan untuk menanyakan langsung kabel mana yang paling cocok. Tapi saran kami, langsung ke teknisi listrik atau kontraktor agar lebih meyakinkan.


Teknjsi listrik pasti tahu mana kabel bagus dan murah, selain itu kita juga dapat menggunakan jasa mereka dalam penyesuaian ukuran kabel, contoh daya listrik 900 watt cocok nya kabel ukuran berapa ?. Jadi dari sini kita sebagai orang awam dalam hal tersebut akan lebih tenang. Contoh mudah adalah listrik 440 watt menggunakan kabel 10mm, dari sini saja kita sudah akan rugi biaya, karena ukuran kabel terlalu besar.


Kabel Paling Tidak Direkomendasikan Dalam Instalasi Listrik

Disini kami akan menjelaskan ciri-ciri kabel listrik yang sudah tidak layak pakai, karena dari pengalaman kami dilapangan, meski kabel baru saja keluar dari toko, tapi kualitas kabel sagat buruk alias tidak layak pakai, jadi harus berhati-hati demi keaman.


Kabel baru namun kualitas buruk bisa kita lihat dari pembungkus kabel, jika sudah kusam berurai, dapat dipastikan kabel tersebut sudah kadaluwarsa. Yang ke dua adalah kulit kabel dengan tembaga lengket, atau sulit di kupas, ini adalah masalah serius, menandakan kabel sudah pernah dipakai / terbakar, selain itu bisa saja kabel sudah lama.


Itu lah beberapa penjelasan mengenai bagaimana memilih kabel listrik berkualitas, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik rumah tinggal, villa, gedung dan perkantoran segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, konsuktasi dan survei gratis tanpa dipungut biaya. 

Post a Comment for "Kabel Listrik Terbaik Rumah Tinggal dan Gedung"