Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Listrik Mati Tapi Token Nyala ? Simak Penyebab dan Solusinya

 Listrik adalah kebutuhan pokok bagi umat manusia, banyak hal dapat dilakukan dengan bantuan energi listrik, contoh untuk rumah tangga, peralatan elektronik sampai industri besar. Tapi apa jadinya jika listrik di rumah bermasalah ?. Indikator kwh meter menyala tapi di dalam rumah padam.

Kwh meter
Kwh Meter 1 Phase Hexing

Ini adalah masalah serius yang harus cepat ditangani, contoh pada saat pupang kerja, masuk rumah tiba-tiba listrik padam, padahal token hidup tidak kosong, tentu ini akan dapat membantu aktifitas kita didalam rumah. Sebelum memanggil petugas PLN / Teknisi listrik, simak beberapa penyebab masal berikut ini.


  • Salah Satu Kabel Tunggal Phase / Netral Terputus

Ini adalah penyebab klasik namun sulit di tangani, karena kebanyakan masalah terjadi didalam tembok tertanam / didalam pipa listrik tidak terlihat, seseorang hanya dapat melihat tanda-tanda kabel putus hanya dengan alat seperti tes pen dan multi tester.


Adapun cara pengecekan kabel putus sebagai berikut, gunakan tespen listik yang masih normal / baru. Selanjutnya cari lubang stop kontak phase dan netral, masukkan ujung tespen ke salah satu lubang, jika padam semua, dapat dipastikan salah satu kabel terputus, lebih tepatnya kabel phase / api listrik.


Jika pada saat lubang stop kontak di tespen menyala semua, ini juga indikasi kabel terputus, lebih tepat nya kabel netral, dan ada salah satu perangkat epektronik yang tersambung, sehingga membuat arus listrik balik, selanjutnya kabel netral / biru ikut terisi arus listrik phase, dalam kondisi ini harap berhati-hati.


  • Kabel Phase dan Netral Terputus Semua

Masalah ke dua mungkin agak mudah, karena instalasi kabel terputus total, jadi masih bisa santai jika akan melakukan perbaikan. Penyebab utama mengapa kabel dapat terputus adalah bisa jadi kabel sudah berumur / ada sambungan yang tertarik sehingga terputus.


Jika masalah ada diluar dinding mungkin masih dapat di tangani sendiri, namun jika jalur kabel tertanam dan sulit, sebaiknya segera memanggil teknisi listrik terdekat untuk melakukan pembenahan. Dengan satu catatan kabel harus sudah melewati kwh, jika sebelum kwh wajib menggunakan jasa petugas PLN agar tidak terkena denda.


  • Mcb Pembagi Rusak / Koneksi Kabel Terlepas

Jika instalasi rumah anda menggunakan sistem grouping, coba cek box panel listrik, apakah ada koneksi kabel mcb yang terlepas, selain dapat membuat listrik padam, koneksi kabel terlepas juga bisa membahayakan komponen didalam box panel, jika dibiarkan tidak terawat beresiko terjadi kebakaran panel listrik.


Solusi dari masalah ini adalah cukup mengencangkan koneksi kabel ke mcb menggunakan obeng plus / min, tapi sebelum melakukan pekerjaan ini, matikan terlebih dahulu mcb kwh utama demi kemanan, dan cek juga menggunakan tespen apakah masih ada arus listrik di kabel phase dan dua busbar netral maupun grounding.


  • Serabut Rambut Sekring Putus / Terbakar

Sekring listrik konvensional biasa kita temukan terpasang setelah kwh meter, konsep kerja alat ini sama seperti mcb, memutuskan arus jika ada beban melebihi batas yang ditentukan, serabut kabel akan putus sehingga aliran listrik dari kwh ke dalam rumah juga akan terputus.


Berbeda dengan sekring mcb, jika terjadi trip cukup menaikkan tuas mcb, jadi kami sarankan ganti sekring konvensional tersebut menggunakan mcb agar lebih mudah jika terjadi kerusakan tanpa harus membongkar sekring karena sangat beresiko terkena sengatan listrik. Tapi jika terpaksa silahkan hubungi teknisi listrik terdekat / petugas pln.


  • Kwh Meter Token Rusak / Bermasalah

Jika ini sampai terjadi, sebaiknya segera hubungi petugas pln, kerusakan di area kwh adalah tugas wajib petugas, tidak boleh menggunakan jasa listrik bukan orang pln, jangan sampai nekad punya ini siatif mengerjakannya sendiri, bisa-bisa akan dikenakan denda, karena membuka segel kwh, membuka paksa kwh hingga terkena pasal pencurian listrik.


Area kerja petugas pln adalah dari titik kwh ke tiang listrik, dan untuk kwh ke dalam rumah, anda dapat menggunakan jasa teknisi listrik disekitar anda. Hubungi kami jika membutuhakn jasa pemasangan dan pengadaan instalasi plumbing, mekanik dan elektrikal di area Ambarawa, Semarang dan Salatiga, dikerjakan oleh teknisi berpengalaman harga murah bergaransi.

Post a Comment for "Kenapa Listrik Mati Tapi Token Nyala ? Simak Penyebab dan Solusinya"