Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Saklar Listrik yang Aman dan Benar Menyesuaikan Fungsi

Posisi saklar listrik
Saklar Broco

 Saklar adalah material listrik yang digunakan untuk menghubungkan arus listrik phase / api listrik dari sumber ke beban lampu dan elektronik. Saklar umum kita gunakan di dalam rumah gedung maupun lokasi umum lainnya.


Dalam pekerjaan instalasi listrik, lebih tepatnya pemasangan saklar lampu, anda standar tinggi rendahnya ukuran yang wajib diikuti, kenapa? Selain menyesuaikan fungsi juga akan dapat memperindah ruangan jika didalam rumah / gedung.


Pemasangan Saklar Menyesuaikan Fungsi di Lokasi

Banyak orang yang masih belum faham, arti dan ukuran saklar pada umumnya, sering kita lihat ada saklar yang sangat rendah, terlalu tinggi / terlalu jauh dari pintu masuk kamar dan rumah.


Contoh kasus dalam sebuah kamar ada 1 titik saklar yang terpasang di tembok dalam samping pintu masuk. Akan tetapi titik jangkauan saklar sangat jauh jika ingin menghidupkan lampu, pada kasus ini semoga faham.


Tentu saja pemasangan tidak disesuaikan kondisi dan fungsi, pada saat malam hari, tentu saja ruangan jadi gelap, otomatis kita akan kesulitan untuk mencari titik saklar nantinya, jadi posisi saklar dari pintu masuk ideal nya 25cm sampai 30cm sudah cukup.


Standar Tinggi Saklar Dari Lantai Yang aman dan Benar

Coba anda bandingkan, titik saklar standar dengan saklar asal pasang, mana lebih baik, tentu akan lebih bagus mengikuti ukuran standar pemasangan saklar, entah saklar tunggal, seri maupun tukar.


Ukuran pemasangan saklar dari lantai paling baik adalah 150cm - 160cm ini sudah cukup, jangan terlalu tinggi, karena bisa jadi anak kita akan kesulitan pada saat akan menghidupkan maupun memadamkan lampu ruangan.


Begitu juga sebaliknya jangan terlalu rendah, contoh pemasangan saklar 100cm - 120cm. Kerugiannya adalah, jika ada anak kecil yang belum faham ini akan jadi mainan / tanpa sengaja akan dapat tersentuh kita dan lampu akan sering hidup mati.


Posisi Pemasangan Aksesoris Saklar yang Benar

Pada point ini banyak juga orang yang masih bingung tentang posisi saklar yang baik dan benar, pengalaman kami dilapangan sering menemukan aksesoris tombol on off saklar terbalik, sebenarnya tidak masalah, tapi kalau bisa jangan.


Dibalik cassing saklar yang akan dipasang, biasanya terdapat code angka dan titik posisi yang harus diikuti agar tidak terbalik, jadi ini sangat mudah, atau cukup sesuaikan merk tertulis pada cover saklar, jika nama terbalik, dapat dipastikan pemasangan tidak sesuai.


Layanan Jasa Pemasangan Saklar dan Stop Kontak

Jika anda membutuhakan jasa pemasangan instalsi listrik mulai dari wiring kabel, pengadaaan, perakitan panel listrik, saklar dan instalasi stop kontak, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. 


Proyek dalam kota, lebih tepatnya Kota Salatiga, free biaya survei dan konsultasi, perkerjaan rab gratis dan bisa juga menyesuaikan budget. Banyak sudah proyek yang kami selesaikan tanpa ada masalah sedikit pun.

Post a Comment for "Posisi Saklar Listrik yang Aman dan Benar Menyesuaikan Fungsi"