Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Stop Kontak Yang Benar Dalam Instalasi Listrik Rumah Tinggal

 www.pipindo.com - Stop kontak adalah sebuah terminal listrik yang digunakan untuk suply arus listrik Netral dan Phase sebelum disambung dengan colokan listrik. Di indonesia sendiri ada banyak jenis stop kontak yang terjual bebas, mungkin salah satunya terpasang dirumah atau kantor tempat anda bekerja.

Stop kontak dan saklar
baunetzwissen.de

Dalam dunia kelistrikan, instalasi stop kontak harus mematuhi Puil pemerintah, mulai dari pemilihan material, pemasangan hingga perawatan. Mengingat listrik selain menguntungkan, tapi juga dapat membahayakan kita sebagai pengguna.


Di sini kita akan membahas seperti apa posisi Stop kontak yang baik dan benar, tidak asal tepasang ditembok atau dinding gypsum partisi. Selain akan dapat membahayakan, kesalahan posisi stop kontak juga akan dapat merusak pemandangan interior rumah kita.


  • Titik Stop Kontak Ac Split

Ac adalah jenis ac terpasang menempel didinding ruangan seperti kantor, ruang tamu dan kamar tidur. Ac split memiliki 2 unit mesin yaitu mesin indoor dan mesin outdoor. Pemasangan stop kontak ac split wajib memenuhi kriteria titik lokasi, kecuali unit power Ac tersambung langsung ke kabel power mesin indoor.


Stop kontak Ac split pada umumnya terpasang di sebelah kanan mesin jika berhadapan, jarak titik stop kontak dari plafon antara 20cm sampai 30cm dan jarak stop kontak dari body mesin ac antara 5cm sampai 10cm. Fungsi dari stop kontak ini adalah agar dapat mempermudah dalam perbaikan tanpa memadamkan mcb Ac.


  • Titik Stop Kontak Mesin Cuci

Seperti yang kita ketahui, mesin cuci identik dengan air, tentu perencanaan titik stop kontak harus difikirkan matang-matang agar tidak membahayakan. Coba bayangkan jika pada saat mesin cuci digunakan lalu posisi titik stop kontak rawan terkana air, maka ini akan sangat membahayakan orang yang ada sekitarnya.


Posisi paling ideal adalah 80cm sampai 1m dari lantai, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, apa bila terlalu rendah, stop kontak akan mudah terkena percikan air, entah dari mesin cuci / dari manusia saat sedang beraktifitas melakukan pekerjaan cuci mencuci. Banyak musibah yang terjadi, jadi dalam hal ini harus difikirkan matang-matang.


  • Titik Stop Kontak Normal di Tembok

Selanjutnya adalah stop kontak tembok, pada umumnya kita melihat titik stop kontak ini berjajar dengan saklar, padahal sangat tidak dianjurkan, selain dapat membahayakan, instalasi seperti jni juga dapat beresiko cepat korslet.


Jadi jika ingin memilih titik stop kontak dinding, sebaiknya sesuaikan kebutuhan, contoh dibawah, 25cm sampai 35cm dari lantai, dengan catatan diarea tersebut tidak ada anak kecil, jika terpaksa, gunakan stop kontak yang memiliki penutup dibagian lubang phase dan netral. Ini akan dapat melindungi orang disekitar kita termasuk anak kecil.


Lalu kenapa tidak dianjurkan memasang stop kontak berjajar dengan saklar? Pada saat keadaan gelap, lampu padam, titik yang paling kita cari adalah saklar, jika stop kontak ada disebelah saklar, ini akan dapat membahayakan, terlebih ada beberapa orang yang menggunakan T sambungan stop kontak, jika ini sampai tersentuh dan geser, maka bisa-bisa anda tersengat listrik.


  • Titik Stop Kontak Lantai

Stop kontak lantai umum digunakan untuk kebutuhan listrik meja kantor, dan posisi paling ideal adalah berada dibawah meja kerja. Memang terkesan rapi namun instalasi kabel stop kontak lantai sagat beresiko korslet jika tidak terpasang dengan baik, seperti isolasi kencang dan menggunakan pipa conduit.


Itulah beberapa penjelasan mengenai pemasangan titik stop kontak yang baik dan benar, jika anda membutuhkan jasa instalasi stop kontak 1 phase maupun 3 phase, segera bubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. Melayani juga untuk pekerjaan plumbung pcv ppr maupun hdpe harga murah.

Post a Comment for "Posisi Stop Kontak Yang Benar Dalam Instalasi Listrik Rumah Tinggal"