Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Standar Pemasangan Stop Kontak Yang Benar Aman dan Mudah

 Stop kontak adalah sebuah alat listrik yang biasa kita gunakan untuk menyambungkan arus listrik negatif dan positif, dengan menggunakan alat ini kita akan aman dari sengatan dan kecelakaan akibat bahaya listrik nantinya.


Membicarakan stop kontak, sebagian orang masih banyak yang kebingungan, bagai mana cara menerapkan standar pemasangan stop kontak dalam rumah maupun gedung. simak ulasan ini sampai selesai.


Jika anda sedang membangun rumah, tentu wajib memikirkan bagaimana menentukan ukuran stop kontak yang akan dipasang nantinya, mulai dari persiapan gambar kerja hingga ukuran pemasangan di tembok rumah atau partisi gypsum.


Dibawah ini adalah contoh gambar tinggi proporsional tubuh orang dewasa pada umumnya beserta ukuran stop kontak yang wajib diterapkan dan menyesuaikan standar keamanan listrik didalam gedung dan rumah.

Standar Pemasangan Stop Kontak Yang Benar Aman dan Mudah
Ukuran Titik Stop Kontak

Setelah melihat gambar di atas dapat kita ambil kesimpulan jika pemasangan titik stop kontak memang harus mengikuti aturan, adapun keuntungan dari contoh ukuran pemasangan stop kontak di atas adalah sebagai berikut:

1. Dapat Mencegah Terjadinya Kecelakaan Akibat Sengatan Arus Listrik

Jika anda menempatkan titik 35cm, stop kontak akan aman dari aliran air, sangat tidak di sarankan pemasangan titik stop kontak di bawah 35cm dari lantai, karena akan rawan terkena air pada saat ada aktivitas bersih-bersih lantai, jadi sedari awal harus dipertimbangkan akan dimana titik stop kontak bawah diletakkan.

2. Stop Kontak Terlihat Lebih Rapi dan Bersih

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang rapi dan bersih, selain pemilihan warna cat dan desain interior, pemilihan titik stop kontak juga harus diperhatikan sejak awal perencanaan. Pada saat awal pertama kali orang masuk rumah, pasti akan lebih tertarik memperhatikan titik lampu, titik sakelar maupun stop kontak didalam rumah dan selanjutnya cat dinding dan aksesoris lainnya.

Posisi Stop Kontak Listrik Yang Benar dan Aman

Simak ulasan ini sampai selesai untuk mendapatkan referensi pemasangan lokasi stop kontak yang aman dan benar agar terhindar dari bahaya sengatan listrik didalam rumah maupun gedung. Beberapa point dibawah ini adalah posisi terbaik yang sering kami praktik kan di lapangan pada saat melakukan pekerjaan instalasi listrik.

1. Titik Stop Kontak 35 cm Dari Lantai

Posisi stop kontak 35cm dari lantai umum digunakan untuk persediaan arus listrik rumah maupun gedung dan perkantoran, mungkin anda ingin memanfaatkan titik stop kontak ini untuk power listrik mesin pembersih debu atau stop kontak cadangan, lebih pastinya pastikan titik stop kontak menyesuaikan pemakaian agar material tidak terbuang percuma.

2. Titik Stop Kontak 75 cm Dari Lantai

Untuk posisi stop kontak pada level ukuran 75cm dari lantai biasanya dipergunakan untuk persiapan poer listrik Tv, Kulkas, Mesin Cuci dan dapat juga menyesuaikan kebutuhan, tapi pada umumnya ukuran stop kontak 75cm dari lantai dimanfaatkan untuk persiapan listrik Tv dan Mesin Cuci, Kenapa? untuk mesin cuci sendiri, pemasangan stop kontak harus jauh dari sumber kran air dan Tv pada umumnya sejajar dengan Tv yang terpasang antara 150cm sampai 200cm.

3. Titik Stop Kontak 30 cm Dari Atas Plafond Gypsum

Ukuran titik stop kontak ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena pada umunya titik stop kontak ini di gunakan untuk persiapan titik stop kontak indoor Ac Pendingin Ruangan. Untuk lokasi titik pemasangan biasanya ada di sebelah kanan, lebih tepatnya 5cm sampai 10cm dari bibir body indoor Ac. Untuk pemasangan titik stop kontak ini sebaiknya serahkan ke teknisi Ac yang sudah berpengalaman agar tidak salah titik yang akan dapat menyebabkan dua kali kerja.

4. Titik Stop Kontak Lantai

Seperti namanya, stop kontak lantai terpasang dilantai, sering kita temukan pada ruangan perkantoran, fungsi dari stop kontak ini adalah untuk memudahkan pengguna disaat berada di lokasi tertentu, namun kekurangan dari titik stop kontak ini adalah rawan terjadi kerusakan seperti korsleting listrik akibat arus pendek netral dan phase. Syarat pemasangan stop kontak lantai adalah harus teliti dan serius dalam memperhatikan pemilihan material yang kan digunakan.

Itulah beberapa posisi pemasangan titik stop kontak yang mungkin dapat dijadikan referensi pada saat menjalankan pekerjaan elektrikal di rumah maupun gedung, jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik, segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga murah bergaransi dan dikerjakan oleh teknisi berpengalaman dalam bidang elektrikal.

Area layanan kami meliputi Semarang, Salatiga, Ambarawa, Karangjati, Ungaran dan Kota Solo Jawa Tengah, hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, free konsultasi dan survei ke proyek, tanpa dipungut biaya. 

Post a Comment for "Standar Pemasangan Stop Kontak Yang Benar Aman dan Mudah"