Cara Cek Kabel Putus Dengan Multitester Digital

 Kabel adalah sebuah media penting yang digunakan untuk kebutuhan perlengkapan instalasi listrik, kabel sendiri berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber  ke beban pemakaian, dengan adanya material kabel ini kita dapat memanfaatkan energi listrik setiap harinya.

Namun apa jadinya jika listrik didalam rumah kita bermasalah, tentu ini akan dapat menyusahkan kita sebagai penghuni rumah. disini kita akan membahas bagaimana cara mencari atau mengecek kabel instalasi listrik didalam rumah yang putus ditengah atau didalam pipa isolasi. Simak ulasan ini sampai selesai.

Cara Cek Kabel Putus Dengan Multitester Digital
Sumber Amazon

Dibawah ini adalah gambaran atau contoh dasar yang dapat di praktek kan di lapangan jika nantinya ada kerusakan seperti ini. Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Kabel NYA 1×1,5mm atau Kabel serabut NYYHY 1×1,5mm (30cm)
  2. Multitester Digital / Analog

Langkah-langkah pengecekan kabel putus dengan Multitester Digital.

  • Langkah pertama adalah kupas ujung kabel listrik sesuai kebutuhan, perkiraan 3cm sampai 5cm ujung dan ujung kabel listrik, sampai tembaga kabel terlihat.
  • Hidupkan alat multitester digital yang sudah disiapkan, posisikan selektor di titik cek suara, pada titik selektor ini jika pada saat pengetesan alat tidak berbunyi, dapat dipastikan kabel masih terputus, tapi jika pada saat pengetesan alat berbunyi maka kabel listrik dalam keadaan tersambung normal.
  • Persiapkan selektor min dan plus, tempelkan ujung proble multitester ke ujung 1 dan ujung satunya, jika sesuai yang sudah dijelaskan diatas multitester mengeluarkan bunyi maka kabel kabel listrik dalam keadaan normal, jika tidak mengeluarkan bunyi maka dapat dipastikan kabel dalam keadaan terputus.
Demikian cara mudah cek kabel listrik yang terputus didalam pipa atau tertanam didalam tembok, sebenarnya sangat tidak dianjurkan instalasi listrik ada sambungan didalam isolasi pipa atau tembok, sangat besar resikonya, banyak yang sudah terjadi disekitar kita, listrik tiba-tiba sering.