Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga Paling Ampuh

 Listrik merupakan sumber kehidupan bagi manusia, dengan adanya energi listrik kita dapat hidup dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti sebagai sarana energi penggerak perangkat elektronik dan energi lampu penerangan, seperti yang sering kita tahu, banyak sekali industri besar dan rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik sebagai sarana energi utama.

Namun banyak sekali orang yang masih belum paham, cara pemanfaatan dan bagaimana cara menggunakan energi listrik dengan baik. 

Di bawah ini akan kami jelaskan bagai mana cara ampuh hemat energi listrik yang sering kami terapkan pada saat menjalankan proyek atau di dalam kantor

6 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga Paling Ampuh
Hemat Listrik

1. Tidak Membiarkan Lampu Hidup Saat Tidak Digunakan

Kebanyakan orang sering menyepelekan lampu yang menyala di dalam rumah, pada kenyataannya lampu sering menjadi faktor utama mengapa tagihan listrik melonjak, maka dari itu setiap orang atau anggota keluarga wajib disiplin memanfaatkan energi listrik, dengan cara tidak membiarkan lampu rumah hidup pada saat tidak di gunakan. Pastikan lampu penerangan hanya akan menyala di malam hari, batasi waktu pemakaian, contoh jam 5 pagi lampu sudah harus di padamkan.

2. Gunakan Perangkat Elektronik Seperlunya

Perangkat listrik adalah media elektronik yang umum kita gunakan setiap hari, seperti kulkas, televisi, charger hp dan masih banyak lagi, sepele memang, tapi ini juga dapat menjadi masalah besar jika tidak berhati-hati menggunakannya. Contoh yang umum kita lihat adalah charger hp terus terpasang ke stop kontak meski sudah tidak digunakan atau televisi tetap menyala terus-menerus, hal hal seperti ini harus cepat di hilangkan, tekankan pengguna agar disiplin menggunakan peralatan di dalam rumah maupun kantor.

3. Kurangi Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan perangkat elektronik paling banyak memakan token listrik di dalam rumah, normalnya seseorang mencuci adalah hampir 1 jam, dalam 1 jam mesin cuci akan beroperasi, nah dari sini dapat di katakan mesin cuci adalah alat di dalam rumah yang paling banyak menggunakan energi listrik. Cara paling mudah untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan panas matahari pada saat sesi pengeringan di dalam mesin cuci.

4. Rutin Service Pompa Air dan Air Conditioner

2 mesin ini tanda sadar dapat membuat penggunaan listrik di dalam rumah atau kantor membengkak, bagi orang awam, pompa air atau AC bisa hidup itu normal, padahal jika kita perhatikan dengan teliti, banyak ciri-ciri khusus yang dapat mengindikasikan AC dan Pompa Air tersebut dalam keadaan tidak baik. Contoh pompa air panas berlebih, penyebab utama adalah putaran mesin bermasalah, sehingga pompa menjadi berat, selanjutnya pompa air akan dapat mengkonsumsi arus listrik 2 sampai 3 kali lipat karena Amper pompa air naik dari nilai normal, segera panggil tukang service untuk mengatasi masalah ini.

5. Service Instalasi Listrik 2 Sampai 3 Tahun Sekali

Apakah sudah menerapkan cara ini? sering kami temukan perbedaan jaringan instalasi listrik sesudah dan sebelum service, kita dapat memanfaatkan tang amper sebagai alat mengetahui penggunaan energi listrik di dalam rumah, nilai amper akan lebih sedikit sesudah instalasi listrik sebuah rumah di service. Tidak ada salahnya menyewa tukang listrik untuk menjaga kualitas instalasi, selain akan dapat membuat pemakaian listrik boros, buruknya instalasi listrik juga akan dapat membuat perangkat elektronik sering rusak.

6. Disiplin Menggunakan Energi Listrik

Selalu terapkan slogan hemat listrik, anda dapat memanfaatkan 1 lembar kertas yang nantinya tertulis "Hemat Listrik", Seperti yang sudah di jelaskan, selalu tanamkan disiplin mematikan perangkat elektronik kepada orang-orang disekitar kita, seperti anak anak, saudara dan orang orang di kantor tempat bekerja, cara ini terbukti ampuh menghemat listrik dalam porsi besar.

Demikian ulasan mengenai 6 (enam) cara hemat listrik untuk rumah tangga maupun kantor, semoga bermanfaat, jika anda membutuhkan jasa pemasangan atau perbaikan instalasi listrik di area salatiga, segera hubungi kami melalui halaman kontak, layanan 24 jam, teknisi bersertifikat.

Post a Comment for "6 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga Paling Ampuh"