Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Listrik Rumah Standar PLN

 Kabel listrik memiliki berbagai macam warna, seperti merah kuning hitam biru kuning bergaris abu-abu dan coklat. Beberapa jenis kode warna yang sudah disebutkan sering digunakan untuk instalasi listrik arus kuat.


Fungsi dari warna kabel itu sendiri adalah sebagai sarana untuk mempermudah dalam indentifikasi arus kabel tanpa harus menyentuh, karena mengingat listrik bisa membahayakan diri kita, dengan bantuan warna kabel pada saat sesi instalasi maupun perbaikan akan lebih mudah dan cepat.


Di bawah ini akan kami jelaskan Tiga warna kabel listrik yang umum digunakan dalam instalasi listrik rumah.

Arti Tiga Kode Warna Kabel Listrik

Arti Warna Kabel Listrik Rumah Standar Pln
Arti Warna Kabel Listrik

Sangat penting memberikan edukasi dan pemahaman tentang penggunaan warna kabel, ini akan sangat membantu seseorang dalam melakukan pekerjaan instalasi listrik baru maupun perbaikan.


1. Arti dan Fungsi Warna Kabel Listrik Merah Coklat Hitam

3 warna kabel tersebut umum di gunakan untuk arus phase/api listrik, maksud dari phase maupun api listrik adalah kabel yang jika kita sentuh dapat mengalirkan arus sengatan listrik ke tubuh, jadi harus di waspadai jika menemukan kabel hitam merah dan coklat terkelupas.


Segera ambil cek tespen untuk mengetahui lebih pasti apakah kabel terkelupas tersebut adalah kabel phase yang menghantarkan api listrik.


Nah contok kecil inilah fungsi utama dari warna kabel, dengan mudah kita akan dapat menentukan fungsi kabel dalam kondisi apapun termasuk pada saat kabel sudah terpasang dan teraliri arus listrik.


2. Arti dan Fungsi Warna Kabel Listrik Biru

Kode warna kabel Listrik Biru wajib di fungsikan sebagai Netral, kami sebagai pelaku konstruksi elektrikal, sangat menganjurkan tim menerapkan pemasangan warna kabel sesuai puil terbaru, yaitu Netral dalam arus kuat AC adalah menggunakan kabel Biru. 


Dengan mekanisme penerapan sistem seperti ini, kita akan mudah mengontrol berjalannya pekerjaan instalasi listrik, atau bahkan pada saat perbaikan, seperti yang sudah dijelakan diatas. Kabel biru tidak akan ada arus api listrik meski dalam keadaan instalasi listrik hidup sekalipun, jadi aman jika terpaksa harus menyentuh.


3. Arti dan Fungsi Warna Kabel Listrik Kuning

Kuning adalah grounding pentanahan atau umum di sebut Arde, fungsi dari kabel kuning ini adalah untuk mentanahkan arus listrik akibat gagal isolasi, jadi dengan bantuan kabel arde kita akan aman dan terhindar dari sengatan listrik gagal isolasi.


Kabel gronding wajib terpasang di setiap line instalasi stop kontak, kenapa begitu, stop kontak identik dengan terminal sumber arus perangakat elektronik, seperti komputer, televisi dan sound sitem, alat-alat ini sangat membutuhkan pengaman grounding untuk mentanahkan arus listrik akibat gagal isolasi.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Listrik Rumah Standar PLN"