Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Saklar Tunggal Sendiri di Rumah Paling Mudah

 Pipindo Salatiga - Sakkar merupakan media utama yang di gunakan untuk suport instalasi listrik. Dengan bantuan saklar kita dapat menyalakan lampu dan memadamkan lampu penerangan dari jarak jauh tanpa harus tersengat listrik.


Saklar sendiri umum kita temukan terpasang di dalam rumah, gedung perkantoran hingga tempat umum seperti jalan raya yang digunakan untuk kontrol lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).


Di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara pemasangan saklar tunggal yang baik dan benar.


H1 - Diagram Saklar Tunggal 2 Kabel 1 Lampu 1 Saklar

Contoh gambar diagram di bawah ini adalah skema dasar instalasi listrik yang umum di gunakan sebagai pedoman pekerjaan jaringan rumah maupun gedung, dengan bantuan gambar teknisi akan lebih mudah dan cepat saat pengerjaan.

Cara Memasang Saklar Tunggal Sendiri di Rumah Paling Mudah
Pemasangan Saklar Tunggal

Instalasi saklar tunggal di atas adalah teknis dasar pedoman pemasangan instalasi listrik. Garis L1 adalah phase atau api listrik dan N merupakan netral, dengan adanya 2 garis kabel tersebut dan dihubungkan ke beban seperti lampu, maka unit lampu akan menyala.


Jika kita pahami ulasan setelah gambar, sistem di atas kurang sempurna, dapat dikatakan belum maksimal karena masih mengandalkan On Off langsung, maka dari itu di butuhkan saklar sebagai sarana untuk memudahkan seseorang menyalakan atau memadamkan beban.


Kembali ke gambar 1, akan kami jelaskan sistem dasar pemasangan lampu dan saklar tunggal secara mendalam agar dapat di terapkan sendiri di rumah jika ada kerusakan atau pasang baru.


Garis L1 adalah phase, jika kita telusur garis L1 menuju ke koneksi simbol S/saklar/bisa juga dapat di sebut Com arus phase, saklar akan memutus api listrik jika arus sudah tidak di gunakan. Dengan sistem ini kita akan mudah menyalakan maupun menghidupkan lampu penerangan.


Garis biru/netral adalah kabel arus bolak balik yang berfungsi sebagai Netral listrik, kabel ini terpasang langsung ke beban tanpa melewati saklar pemutus, di bawah ini adalah kasus kesalahan yang sering terjadi, instalasi saklar terbalik alias Netral digunakan untuk kontrol saklar.

Cara Memasang Saklar Tunggal Sendiri di Rumah Paling Mudah
Saklar Tunggal Salah

Realita di lapangan yang terjadi, pada saat saklar terputus, hampir 75% kabel instalasi terisi phase api listrik yang dapat merugikan kita, arus berbalik ini dapat membahayakan isntalator maupun penghuni rumah, sangat tidak di sarankan sistem instaladi Netral di gunakan untuk kontrol utaman. Yang benar adalah phase listrik / L.


Demikian tips cara instalasi dan pemasangan kabel saklar tunggal yamg benar, jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik di kota salatiga dan sekitarnya, segera hubungi kami, melayani jasa desain instalasi listrik rumah dan gedung, panel listrik, panel kontrol dan instalasi keamanan.

Post a Comment for "Cara Memasang Saklar Tunggal Sendiri di Rumah Paling Mudah"