Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami

Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami
Saklar Tukar

 Di dalam ulasan berikut ini kami akan menjelaskan secara gmblang bagaimana simulasi dan pemasangan saklar tukar/hotel yang umum digunakan dalam sebuah bangunan bertingkat maupun untuk kontrol lampu jarah jauh beda titik.


Manfaat Pemakaian Saklar Tukar Hotel

Contoh manfaat pemasangan saklar tukar yang sudah umum di rasakan adalah saklar kamar hotel, pada saat seseorang masuk kamar hotel, di sebelah pintu masuk akan ada beberapa saklar, salah satunya adalah 1 sakalar tukar, jika kita tekan saklar tersebut, maka lampu akan menyala.


Satu saklar lagi pasti ada di sebelah Bed tempat tidur, kenapa begitu, ini adalah sistem umum yang di terapkan oleh teknisi, cara ini akan memudahkan penghuni kamar memadamkan lampu penerangan tanpa harus beranjak ke saklar sebelah pintu masuk.


Kasus berikutnya adalah jalur tangga rumah atau gedung, tangga merupakan akses yang wajib memiliki lampu penerangan, karena orang akan berinteraksi langsung dengan medan miring, ini sangat berbahaya, maka dari itu teknisi listrik memanfaatkan saklar tukar sebagai media untuk kontrol lampu penerangan.


Pada saat seseorang ingin melintasi tangga naik maupun turun langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan saklar 1 dari bawah, selanjutnya orang tersebut naik ke lantai berikutnya, jika tidak menerapkan instalasi saklar tukar, tentu ini akan membingungkan, karena tidak mungkin orang kembali lagi ke bawah untuk memadamkan lampu.


Di sinilah fungsi utama saklar tukar, saat seseorang akan menaiki tangga, saklar satu di nyalakan, lalu setelah orang tersebut sampai ke lantai berikutnya, saklar dua di atas dapat dimanfaatkan untuk memadamkan lampu penerangan dan memutus kontak silang yang ada di saklar 1 bawah.


Manfaat selanjutnya adalah sebagai kontrol lampu taman, fungsi utama dari sistem ini sama, seperti saklar tukar yang terpasang di kamar hotel maupun tangga, pada saat kita ingin melewati jalan menuju pintu keluar, saklar 1 kita manfaatkan unutk menyalakan lampu dan saklar 2 yang berlokasi di titik berbeda untuk memadamkan lampu penerangan.


Diagram Dasar Instalasi Saklar Tukar

Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami
Instalasi Saklar Tukar

Gambar diatas adalah contoh simulasi dasar instalasi saklar tukar, simak ulasan ini sampai selesai. L1 adalah Phase / Api listrik, S1 saklar 1 dan S2 saklar 2, gambar di atas memiliki 6 lampu yang nantinya akan di kontrol oleh saklar tukar secara bergantian.


L1 merupakan sumber listrik dari kwh meter maupun MCB, kontak L1 terhubung ke kontak 1 saklar atau input arus listrik utama, karakteristik saklar tukar adalah memiliki 3 kontak yaitu 1 kontak com, 2 dan 4 adalah load. Jika kita amati diagram tersebut kita dapat melihat jelas skema instalasi saklar hotel maupun tukar.


Setelah kontak 1 terisi kabel, lanjut ke instalasi kontak saklar satu 2 dan 4 yang harus terhubung ke kontak daklar dua 2 dan 4, jelas di sini kita membutuhkan 2 kabel untuk menghubungkan kontak 2 saklar 1 ke kontak 4 saklar 2, dan kontak 4 saklar 1 ke kontak 2 saklar 2, dari persilangan ini lah kita akan mendapatkan simulasi dasar instalasi saklar tukar.


Simulasi Diagram Saklar Satu On dan Saklar Dua Off

Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami
Saklar Tukar On

Gambar di atas adalah contoh pengoperasional saklar 1 On untuk memghidupkan 6 lampu, L1 akan mengalirkan arus listrik phase ke kontak S2 1 dan terhubung ke kontak S2 4 yang selanjutnya mentransfer arus listrik ke saklar dua S1 4 ke S1 1 lanjut ke beban lampu, dan selanjutnya 6 lampu penerangan akan hidup bersamaan.


Seperti yang sudah di jelaskan di atas, jenis saklar hotel atau tukar dapat memadamkan atau memutus arus listrik dari lokasi berbeda.


Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami
Saklar Tukar Off

Gambar selanjutnya adalah skema saklar pemutus, S1 4 dan S1 1 dalam kondisi On terhubung, namun jika S1 kita tekan, maka akan memutus S1 nomor 4 dan S1 nomor 1 yang terhubung ke lampu, begitu juga sebaliknya, jika S2 kita tekan akan menyalakan lampu, dan aoan menghubungkan persilangan kontak S2 dan S1 seperti gambar di atas.


Demikian penjelasan mengenai diagram instalasi stop kontak, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik berpengalaman di kota salatiga segera hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs ini.

Post a Comment for "Diagram Instalasi Saklar Tukar Untuk Pemula Mudah Di Pahami"