Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Langkah Memasang Saklar Seri Terbaru Mudah Aman dan Cepat

 Saklar adalah sebuah media penghubung antara sumber listrik ke beban seperti lampu rumah dan peralatan elektronik yang umum kita gunakan setiap hari, dengan bantuan saklar kita akan dengan mudah mematikan dan menghidupkan lampu tanpa harus susah payah atau beresiko tersengat arus listrik. di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana instalasi dan cara pemasangan saklar seri mudah aman tanpa harus menggunakan jasa teknisi.

Langkah Langkah Memasang Saklar Seri Terbaru Mudah Aman dan Cepat
Diagram Rangkaian Saklar Seri

Gambar di atas adalah contoh rangkaian saklar seri yang umum di gunkan dalam instalasi listrik rumah maupun gedung, manfaat dari adanya dambar instalasi listrik adalah selain akan memudahkan teknisi dalam pemasangan juga akan dapat mempercepat perbaikan jika pada suatu saat ada kerusakan. 

Langsung saja, berikut ini kami jelaskan langkah langkah pemasangan saklar seri, atau pemasangan 2 saklar dan 2 lampu dalam satu group instalasi listrik.

Ada beberapa material yang wajib dipersiapkan, yaitu:

  1. Kabel NYM 3x2,5 secukupnya
  2. 2 buah lampu
  3. Saklar seri / saklar Ganda

Langkah langkah pemasangan Saklar Seri Dua Lampu

  1. Instalasi Kabel Listrik, instalasi kabel adalah langkah pertama yang wajib di persiapkan, material yang di persiapkan adalah kabel nym 3x2,5mm, kabel listrik isi tiga inti utama adalah tembaga, instalasi kabel dapat dimulai dari sumber tanpa harus menyambungkan kabel dengan sumber listrik, agar aman. Kabel listrik dari sumber dapat memanfaatkan dua kabel saja, yaitu phase dan netral saja, jika kita tengok gambar di atas kabel Biru merupakan kabel Netral dan Kabel Coklat adalah kabel Phase / Api listrik. selanjutnya adalah instalasi dari sambungan utama ke saklar seri lalu ke beban lampu penerangan. Jika kita amati gambar, kabel Phase / api listrik adalah warna Coklat, kabel Coklat sebelah kiri dalah Input power listrik yang nantinya akan menjadi sumber listrik utama ke saklar. selanjutnya adalah kabel Phase utama tersambung langsung ke titik koneksi dua saklar seri yan bersifat tunggal alias saklar ganda tersebut akan menyalakan lampu satu persatu. Lalu dua kabel di seblah kanan adalah jalur putus ke dua lampu atau bisa juga di sebut suply arus listrik temporari tidak tetap ke beban lampu penerangan, kenapa tidak tetap? Karena 2 kabel tersebut hanya akan terisi arus listrik jika salah satu saklar seri dalam keadaan On, jika Off kabel tersebut akan kosong, tidak seperti kabel Phase Utama yang ada di sebelah kiri. Untuk kabel biru atau Netral indikator warna adalah biru, kabel ini langsung terkoneksi dengan beban atau lampu, tanpa harus melalui saklar pemutus.
  2. Pemasangan Saklar Seri dan Lampu, Ini adalah pekerjaan akhir, yaitu pengkoneksian antara instalasi kabel listrik yang sudah di siapkan ke saklar maupun lampu penerangan. Gambar di atas sudah kami berikan tanda / kode huruf yang mungkin dapat membantu, jika kita lihat dua kabel di atas memiliki kode L1 dan N, kabel L1 langsung terkoneksi dengan saklar seri, selanjutnya di jumper ke input masing masing saklar seri agar memiliki suply tunggal antar saklar ke lampu penerangan. Lalu kabel saklr 1 / kabel tengah berwarna Coklat keluar dari saklar tersambung langsung ke lampu yang berwarna merah, dan kabel Coklat paling kanan tersambung langsung ke lampu berwarna Hijau. 
Jika 2 proses tersebut di lakukan dengan benar, maka instalasi saklar seri akan dapat bekerja dengan baik, lampu 1 akan menyala jika di hidupkan dan dan lampu 2 akan padam ata hidup dengan saklar satunya, ini adalah penjelasan pemasangan saklar seri yang mungkin dapat dijadikan pedomanan dalam pemasangan instalasi listrik, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Langkah Langkah Memasang Saklar Seri Terbaru Mudah Aman dan Cepat"