Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Kabel NYM dan NYA dalam Instalasi Listrik

 Kabel listrik umum kita lihat terpasang instalas rumah maupun gedung, di gunakan untuk menghantarkan listrik dari sumber ke beban pemakaian pemakaian, contoh energi listrik untuk keperluan lampu penerangan rumah dan gedung, aliran listrik dari sumber seperti KWH meter, mengalir menuju titik lampu dengan memanfaatkan media kabel listrik yang terbuat dari tembaga padat, tembaga serabut, maupun alumunium.

Di dalam pekerjaan instalasi listrik, ada dua media kabel yang sering di gunakan, yaitu kabel NYA dan NYM, dua kabel ini jelas berbeda, namun fungsi kegunaannya sama, sebagai pengalir energi listrik dalam sebuah jaringan kabel. Simak penjelasan di bawah ini, apa saja perbedaan kabel NYM maupun NYA, dan harus seperti apakah penerapan dalam instalasi listrik yang benar.

Ulasan ini kami shared karena banyak sekali para teknisi yang sering menyepelekan dalam hal pemasangan dan keamanan, karena mengingat banyak sekali musibah terjadi karena tidak mematuhi standar pemasangan instalsi listrik grdung maupun rumah tinggal.

Perbedaan Kabel Nya dan Nym di Dalam Instalasi Listrik

Di bawah ini adalah penjelasan menegenai perbedaan kabel NYA dan NYM, yang umum digunakan dalam instalasi listrik gedung maupun rumah dan perumahan. 


Kabel NYM

Cara Instalasi Kabel Nya Dan Nym Untuk Instalasi Listrik

Nym merupakan sebuah kode huruf yang sering digunakan oleh teknisi atau para tukang listrik untuk memudahkan mereka dalam pemasangan instalasi. Di bawah ini kami jelaskan apa saja arti kode huruf tersebut:
  1. N - Huruf ini memiliki makna Kabel Inti Tembaga, atau dapat di artikan sebagai kabel penghantar yang spesifikasinya tembaga padat.
  2. Y - Memiliki arti Kabel Memiliki Isolasi PVC. jika dalam sebuah kabel memiliki kode N, maka dapat dipastikan kabel tersebut aman digunakan karena memiliki isolasi pengaman ati bakar, panas dan anti bocor yang akan dapat mengurangi resiko kebocoran instalasi.
  3. M - Artinya Inti Kabel Lebih Dari Satu. Maknanya adalah jika anda menemukan kode ini tertera di bagian kabel, maka dapat dipastikan isi kabel di dalamnya lebih dari satu. 2 sampai 4 kabel tunggal, contoh yang umum kita temukan dilapangan adalah kabel NYM 2x1.5, NYM 3x1.5, NYM 2x2.5 atau NYM 3x2.5.

Kabel NYA

Cara Instalasi Kabel Nya Dan Nym Untuk Instalasi Listrik

Kabel jenis ini sering kita gunakan dalam instalasi listrik rumah, spesifik kabel ini adalah hanya memilik 2 mekanik bahan, dan berikut ini adalah arti kode kabel NYA:
  1. N - Huruf ini memiliki makna Kabel Inti Tembaga, atau dapat di artikan sebagai kabel penghantar yang spesifikasinya tembaga padat.
  2. Y - Memiliki arti Kabel Memiliki Isolasi PVC. jika dalam sebuah kabel memiliki kode N, maka dapat dipastikan kabel tersebut aman digunakan karena memiliki isolasi pengaman ati bakar, panas dan anti bocor yang akan dapat mengurangi resiko kebocoran instalasi.
  3. A - Hanya memiliki satu kabel atau Kabel Tunggal. 
Demikian penjelasan apa itu perbedaan kabel NYM dan NYA, Semoga dapat bermanfaat dan bisa di jadikan solusi bagi anda yang sedang dalam proses pembangunan rumah, jika anda membutuhkan jasa instalasi listrik di area kota Salatiga, segera hubungi kami melalui halaman kontak.

Post a Comment for "Perbedaan Kabel NYM dan NYA dalam Instalasi Listrik"