Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Standar Warna Kabel Listrik Yang Diterapkan di Indonesia

 Kabel listrik adalah sebuah media yang digunakan untuk mengalirkan sebuah energi listrik dari sumber ke beban pemakaian. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kabel listrik yaitu NYA, NYM, NYY dan NYYHY, tapi kali ini kita tidak akan membahas apa itu kode kabel yang sudah disebutkan, kita akan membahas apa saja warna kabel tunggal yang umum di gunakan di negara kita Indonesia.

Kabel listrik umum kita temukan terpasang di dalam instalasi listrik rumah tinggal, gedung hunian, hotel. vila hingga tempat umum seperti di jalan raya yang di gunakan sebagai sarana penyalur energi listrik dari gardu induk ke rumah-rumah warga.

Kode Warna Kabel Listrik Yang Umum Di Gunakan Dalam Instalasi Listrik

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai standar pemilihan kabel listrik yang umum di gunakan dalam instalasi listrik rumah maupun gedung, semoga bermanfaat.

Kabel Warna Merah

Standar Warna Kabel Listrik Yang Diterapkan di Indonesia
Kabel Merah

Kabel merah biasa di sebut dengan L /  Phase listrik atau kode warna kabel yang sering digunakan untuk kabel tunggal bermuatan listrik, penjelasan gamblangnya adalah, kabel listrik yang memiliki api listrik, cara mudah untuk mengidentifikasi apakah kabel warna merah tersebut di aliri listrik adalah dengan cara menggunakan Tes Pen listrik atau alat khusus yang di gunakan para teknisi untuk mencari tahu aliran listrik dalam sebuah kabel penghantar.

Kabel Warna Biru

Standar Warna Kabel Listrik Yang Diterapkan di Indonesia
Kabel Biru
Selanjutnya adalah kode warna kabel biru, jenis kode warna kabel ini juga sering di sebut dengan N / Netral Listrik, dalam instalasi listrik arus kuat, kabel biru tidak terisi oleh api listrik seperti kabel warna merah yang sudah di jelaskan di atas. Namun tetap harus menjaga kewaspadaan jika pada saat di lapangan sedang melakukan pekerjaan instalasi, tidak semua teknisi menggunakan kode warna ini untuk keperluan kabel Netral, ada juga beberapa teknisi yang memakai Kode warna kabel Biru untuk Phase atau api listrik, tapi ini sangat tidak di anjurkan oleh pemerintah dan aturan pada Puil Instalasi Listrik.

Kabel Warna Kuning

Standar Warna Kabel Listrik Yang Diterapkan di Indonesia
Kabel Kuning

Kode kabel listrik Kuning biasa di sebut dengan Grounding / G, fungsi dari kode warna kabil ini sendiri adalah untuk indikator kabel buangan atau instalasi kabel yang berfungsi untuk meminimaliskan korsleting listrik, tapi sat ini banyak orang yang menyepelekan penggunaan kabel ini di dalam instalasi listrik, padahal manfaat dan dampak keuntungannya sangat besar, instalasi listrik akan lebih awet, perangkat elektronik tidak akan mudah rusak dan bahkan dapat menstabilkan tegangan listrik di dalam rumah maupun gedeng, jadi bisa di katakan pemakaian listrik di dalam rumah akan lebih irit.

Demikian penjelasan tentang standar warna kabel listrik yang umum di gunakan dalam instalasi listrik di sekitar kita. Ulasan di atas sangat cocok bagi yang sedang mencari informasi apa saja kode warna kabel listrik rumah yang benar, keuntungan instalasi sesuai aturan pemerintah adalah keamanan terjamin, perbaikan instalasi akan lebih mudah dan tentunya pemakaian material akan lebih sedikit, karena sudah di persiapkan dengan matang sesuai kebutuhan melalui indikator warna Kabel Listrik

Post a Comment for "Standar Warna Kabel Listrik Yang Diterapkan di Indonesia"