Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

Cara Instalasi Listrik Rumah Standar PLN
Denah Instalasi Listrik Rumah Tinggal

Berbagai cara dilakukan orang untuk mendapatkan hasil istalasi listrik yang baik dan benar, karena wajib kita kita ketahui sebuah instalasi listrik sudah si atur di dalam undang undang terpasang dengan baik dan aman, mulai dari pemilihan material, jasa konstruksi yang digunakan harus bersertifikat elektrikal.

Ada banyak tahapan yang harus dilakukan dari persiapan gambar perencanaan, persediaan dan menyediakan material, tenaga kerja, pelaksaan hingga instalasi listrik bisa digunakan dengan baik. Semua tahapan diatas perlu kita perhatikan sedari awal.

Di bawah ini kita akan membahas bagaimana menerapkan instalasi listrik standart PLN sesuai aturan pemerintah yang di anjurkan. 

Panduan Cara Instalasi Listrik Rumah Tinggal

Gambar di atas adalah contoh rangkaian instalasi listrik rumah tangga yang umum di gunakan teknisi, simak terus ulasan ini untuk mendapatkan insformasi cara melakukan pekerjaan instalasi listrik yang benar, langkah pertama yang harus di lakukan adalah.

1. Mempersiapkan Gambar Perencanaan

Denah atau gambar adalah langkah paling utama yang wajib di kerjakan, manfaat dari gambar itu sendiri adalah untuk memudahkan kita dalam menjalankan pekerjaan instalasi listrik. Logika paling mudah adalah, dengan bantuan gambar perencaan instalasi lampu dan stop kontak kita akan mudah menghitung jumlah material mulai dari satuan meter seperti kabel listrik yang akan digunakan atau satuan buah seperti titik lampu penerangan dan jumlah MCB yang akan digunakan.

2. Persiapan Data Aktual Lapangan

Hal ini juga penting dilakukan, setelah kita mampu mempersiapkan gambar kerja, selanjutnya adalah mencocokkan data yang ada di dalam gambar kita, dengan bigitu pembelajaan material dan medan kerja dapat teratasi dengan mudah, contoh problem yang umum terjadi adalah, tidak singkron nya gambar kerja dengan kenyataan di lapangan, jumlah titik lampu di dalam gambar tidak sesuai dengan apa yang akan dikerjakan, atau panjang kabel di lapangan tidak sama dengan panjang kabel yang kita ukur di dalam gambar kerja instalasi listrik.

3. Persiapan Material Instalasi Listrik

Setelah langkah 1 dan 2 bisa diselesailakan dengan baik, selanjutnya adalah mempersiapkan material yang akan dibutuhkan. Kenapa harus dapat menyelesaikan terlebih dahulu langkah 1 dan 2? kita akan dapat mudah menentukan jumlah material yang akan di gunakan, dari sini sudah mulai terlihat bukan, apa sih fungsi gambar kerja, gambar kerja akan dapat memudahkan kita dalam melaksanakan perkerjaan konstruksi. Tnpa kita harus terjun kelapanagan, kita akan dengan mudah mengontrol penggunaan material maupun kebutuhan material proyek yang akan dibeli dari Toko listrik.

4. Persiapan Tenaga Kerja Ahli Bersertifikat

Kenap harus bersertifikat? sering kami jelaskan di dalam situs ini, listrik memang dapat menguntungkan bagi umat manusia, namun dengan adanya listrik juga dapat membahayakan manusia dari apa yang sudah sering kita ketahui. Instalasi listrik yang kurang baik dapat membahayakan, maka dari itu kita harus mencari tenaga ahli dalam bidang kelistrikan. Contoh kasus teknis penyambungan kabel listrik, dalam penyambungan kabel listrik tidak boleh sembarangan, ada teknik khusus yang wajib di kuasai oleh seorang teknisi Listrik.

5. Pelaksaan Pekerjaan Instalasi Listrik

Gambar, material dan teknisi sudah siap, selanjutnya adalah masuk ke tahap pelaksanaan, bagi anda yang mungkin sudah terbiasa dengan dunia konstruksi, mungkin masalah ini akan sangat mudah teratasi, mulai dari mempersiapkan material di lapangan, teknis pekerjaan yang akan di lakukan atau kendala lain yang umu terjadi. Namun jika anda masih awam dengan masalah ini, solusi terbaik adalah menggunakan jasa konstruksi dan tenaga ahli yang ada di sekitar kita. Melalui situs ini kami menyediakan jasa pekerjaan instalasi listrik berpengalaman yang di dukung oleh teknisi ahli tepercaya.

6. Tahap Finising dan Perapian

Ini adalah tahap terakhir yang harus di kerjakan, bisa di katakan perkerjaan masuk di sesi akhir dan selanjutnya instlalasi listrik selesai dan dapat di gunakan nantinya. Setelah kita baca ulasan ini dari atas sampai bawah, tentu tidak semudah yang di bayangkan, karena pda kenyataanya ada banyak tahapan dan masalah yang akan di hadapai di lapangan, namun ini lumrah terjadi, paling tidak dengan adanya data gambar kerja dan aktual lapangan kita dapat mempresentasikan nilai pekerjaan dengan baik sebelumnya.

Itulah beberarap tahapan dalm menjalankan pekerjaan instalasi listrik rumah tinggal maupun gedung. Jika 6 syarat di atas terpenuhi dengan baik, maka sudah dapat di pastikan akan mendapatkan hasi instalasi yang baik, jiak instalasi yang kita bangun bagus, paling tidak 15 tahun pemakaian sampai 45 tahun pemakaian, dan apabila instalasi rumah anda tidak dapat bertahan hingga 15 tahun, sudah dapat di pastikan instalasi buruk, dari segi pemasangan hingga pemilihan material yang kurang baik. 

Post a Comment for "Cara Instalasi Listrik Rumah Standar PLN"