Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ukur Kabel Listrik Untuk Kebutuhan Instalasi Rumah dan Gedung

Kabel Listrik Nyyhy 3x2.5mm

 Menentukan ukuran kabel listrik rumah pada saat awal membangun harus dipersiapkan dengan benar, mengingat listrik adalah material penting yang wajib dipenuhi dan menyesuaikan syarat undang undang pemerintah. Sangat sederhana bukan apa yang harus dipersiapkan? Jadi jangan sampai disepelekan jika pemerintah sudah mengatur dan wajib dipenuhi.

Di dalam artikel berikut ini kami akan membahas bagaimana menentukan ukuran kabel yang cocok untuk instalasi rumah yang akan dibangun, tidak hanya rumah, cara yang akan kami ulas juga dapat di terapkan untuk instalasi gedung bertingkat.

Kemampuan Hantar Arus atau (KHA) per Amper adalah istilah umum yang wajib di ketahui, dengan istilah di atas kita akan mudah menentukan, memilih penampang kabel yang akan digunakan. Kuat Hantar arus listrik yang akan mengaliri kabel sebelumnya harus dihitung sedemikian rupa agar instalasi dapat bekerja dengan baik tanpa ada resiko yang mungkin nantinya akan dapat membahayakan si pemilik rumah.

Tabel Kemampuan Hantar Arus (KHA)


KUAT HANTAR ARUS KABEL LISTRIK


NO PENAMPANG KABEL LISTRIK / mm KEMAMPUAN HANTAR ARUS / Amper


1 0.75 12
2 2 15
3 1.5 18
4 2.5 26
5 4 34
6 6 44
7 10 61
8 16 82
9 25 108
10 35 135
11 50 168
12 70 207
13 95 250
14 120 292








Tabel di atas adalah ukuran real penampang kabel dan kemampuan hantar arus yang melewatinya, jadi dengan bantuan tabel tersebut kita dapat memilih kabel listrik dengan mudah. Selanjutnya adalah kita akan membahas masalah tentang menentukan kabel listrik yang menyesuaikan beban listrik yang akan digunakan.

Contoh Kasus Menentukan Kemampuan Kuat Hantar Arus Kabel Listrik

Di dalam sebuah rumah yang sedang dalam tahap pembangunan, diperkirakan akan membutuhkan 5.500 Watt, lalu berapakah ukuran penampang kabel listrik yang harus digunakan? Ini adalah soal dasar yang wajib dipecahkan oleh teknisi listrik untuk memperoleh hasil kerja yang aman dan berkualitas.

Diketahui total beban adalah 5.500 dalam satuan Watt / 5.500 Watt, selanjutnya adalah mengkonversi satuan Watt menjadi Amper, Jadi:

5.500 Watt : 220 Volt PLN = 25 Amper, maka jika hasil dari perhitungan tersebut adalah 25 Amper, maka berapakah luas penampang kabel yang harus digunakan?

Selanjutnya adalah mencocokkan hasil perhitungan di atas dengan tabel kemampuan kuat hantar arus, jika kita amati angka paling mendekati sesuai tabel tersebut adalah Penampang kabel 2.5mm dengan kaut hantar arus listrik 26 Amper, namun jika kita memaksakan untuk menggunakan ukuran kabel ini, maka akan tetap ber resiko , karena ini belum termasuk Cos tambahan pada saat beban listrik naik sampai 35%.

Maka ukuran kabel listrik yang paling cocok untuk beban 5.500 Watt adalah 4mm/ 34 Amper, kabel ini Terpasang setelah Kwh meter karena akan menopang selurus arus listrik yang akan digunakan untuk instalasi di dalam rumah, jika kita menggunakan box panel listrik, kabel selanjutnya yang harus di gunakan adalah 2.5mm / 1.5mm, namun ada baiknya menyesuaikan total beban yang digunakan.

Post a Comment for "Cara Ukur Kabel Listrik Untuk Kebutuhan Instalasi Rumah dan Gedung"