Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi MCB 1 Phase Dalam Instalasi Listrik

 Dalam instalasi jaringan listrik, banyak sekali komponen kontrol / proteksi yang dapat di manfaatkan, salah satunya adalah Miniatur Circuit Breaker / MCB.


MCB berguna untuk proteksi arus berlebih, contoh di rumah menggunakan MCB 2 Amper, kuat arus beban tidak boleh melebihi nila pembatas yaitu 2 Amper atau 440 Watt.


Manfaat dari penggunaan MCB sesuai kebutuhan adalah dapat melindungi pemakaian instalasi listrik lainnya, apabila ada beban berlebih dan korsleting listrik hubungan singkat.


Di dalam instalasi listrik ada istilah sistem grouping listrik, cara ini sangat bagus jika dibterapkan di dalam rumah, banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan.


Dalam satu kasus sebuah rumah terpasang 2 grup MCB yaitu 4 Amper untuk Stop kontak dan 2 Amper untuk lampu penerangan. Grup instalasi lampu yang memanfaatkan MCB 2 Amper bermasalah dan membuat unit MCB trus atau jeglek.

Fungsi MCB 1 Phase Dalam Instalasi Listrik
Diagram Mcb 1 Phase

Tentu saja ini tidak akan terjadi masalah besar, karena grup MCB yang di terapkan sudah benar, MCB 2 A trip, sedangkan MCB 4 A tidak trip, jadi dengan sistem ini beban-beban satu jalur dengan MCB 4 Amper tidak akan ikut padam.


Dari sini kamu akan paham, kenapa sebuah instalasi Listrik harus menggunakan Gruping, dan memanfaatkan ukuran MCB dengan benar. 

Fungsi MCB 1 Phase Dalam Instalasi Listrik
Mcb 1 Phase

Gambar di atas adalah contoh MCB dan Diagram MCB 1 Phase dalam instalasi listrik, komponen di atas umum kita lihat didalam box KWH meter PLN atau Panel listrik pembagi dan kontrol panel, banyak sekali manfaat yang di dapatkan jika bisa menghitung, memperkirakan dan juga memilih material MCB kualitas bagus.

Post a Comment for "Fungsi MCB 1 Phase Dalam Instalasi Listrik"